NEWS

Pesantren Modern AL FALAH ABU LAM U, Kembali Mengadakan Acara KEMMAS (Kelas Enam Membaca dan Menghafal Al Quran Show)

Al Falah Abu Lam U, Indonesia| Kamis-Jumat, 12-13 April 2018

Lamjampok, Kamis (12/4) – Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U, kembali mengadakan acara KEMMAS (Kelas Enam Membaca dan Menghafal Al Quran Show). Dalam sejarahnya, acara ini telah vakum selama 5 tahun, Dan pada tahun 2018 ini pesantren modern Al Falah Abu Lam U kembali mengadakannya acara KEMMAS ini. Sebuah apresiasi yang luar biasa kepada panitia acara ini yang mampu membangkitkan acara ini kepermukaan.

Acara KEMMAS diadakan tepat setelah usainya UNBK santri akhir, yang mana acara ini diikuti oleh santri akhir pondok pesantren modern AL Falah Abu Lam U. Acara ini diadakan di aula pesantren. Peserta acara ini adalah seluruh santri akhir pesantren Al Falah Abu Lam U. Acara ini diselenggarakan untuk menguji/mengetes bacaan dan mengetahui seberapa kuat hafalan santri akhir sebelum mereka terjun ke masyarakat dan melanjutkan study ke jenjang universitas nantinya. Santri akhir sebagai peserta acara ini akan diuji pembacaan Al Quran dan selanjutnya hafalan Al Quran yang telah ditentukan.

Adapun juz yang diujikan ialah  juz 30 (Juz Amma). Mereka dipanggil untuk maju kedepan secara bergiliran, dimana satu ronde terdiri dari 5 orang sesuai dengan nomor undian yang telah ditentukan oleh dewan juri. Yang menjadi dewan juri pada acara ini adalah Ustadz  Taufiqurrahman BA dan Ustazah Khusna Ilyas. Mereka adalah Hafiz dan Hafizah dan merupakan alumni pesantren Al Falah Abu Lam U. Ustadz Taufiqurrahman telah menyelesaikan studi S-1 nya di bidang Tafsir Al Quran di Sudan. Adapun Ustazah Khusna Ilyas telah menyelesaikan tahfiz nya selama dua tahun di Pondok Pesantren Al Hayah Jakarta, dan saat ini sedang menempuh studinya di bidang Tafsir di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Acara KEMMAS ini berlangsung selama dua malam yakni kamis malam dan jumat malam, dimana tepat pukul 20.50 WIB, acara ini dibuka langsung oleh pimpinan pesantren. Diantara beberapa pesan dan pengarahan, beliau menyampaikan bahwa orang yang tidak bisa membaca, menghafal, mengamalkan Al Quran sesungguhnya mereka berada dalam kerugian. Dan sebaik-baik orang yang hidup didunia ini adalah orang yang belajar dan mengamalkan Al Quran.

خيركم من تعلم القران و علمه.

Malam selanjutnya (malam sabtu), malam kedua dari acara KEMMAS ini berlangsung hingga larut malam, dan beberapa diantara mereka merasa mengantuk. Namun, mereka tetap semangat guna untuk menyukseskan acara yang telah kembali bangkit ini.

“Ya walaupun mengantuk, sudah larut malam tapi kami tetap semangat mengikuti acara ini, karena acara ini di tahun kami kembali diadakan lagi, dan sebelumnya kami belum pernah merasakan bagaiman acara KEMMAS ini”, ujar salah seorang santri akhir pesantren modern Al Falah Abu Lam U.

reporter               : savira maulidya

editor                  : khairul munzilin dan munawarah

Lihat juga            : Selingi Waktu Liburan Santri, AL FALAH ABU LAM U Selenggarakan Acara Bahasa “HAVING FUN WITH LANGUAGE” (2)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
%d bloggers like this: